Ad Block 728x90

Pengertian nofollow Dan dofollow Juga Fungsinya

Pengertian nofollow Dan dofollow Juga Fungsinya

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalaamu'alaikum Wr Wb!

Pengertian link dengan atribut “nofollow” yang sering anda temui di website dan blog adalah cara website untuk menginstruksikan search engine untuk tidak mengikuti link target dalam suatu website dan link target yang tidak akan mengambil keuntungan seperti pagerank SEO. Tujuan pertama instruksi ini adalah untuk mencegah robot crawler mengindeks komentar spam dalam suatu blog.
Contoh sederhananya, saya ingin memasang link anexamples.com di blog, tetapi saya tidak ingin website anexamples.com mendapatkan keuntungan pagerank search engine dari pemasangan link tersebut, maka saya akan pasang link anexamples.com tersebut dengan format:
<a href=”http://www.anexamples.com” "rel=nofollow">An Examples</a>

Cara Kerja Sebuah Link

Link adalah sebuah tanda hubungan antara dua buah website, yaitu antara website yang memasang link tersebut, dan website link tujuan. Link ini bisa saja diletakkan berwujud teks atau diletakkan ke dalam sebuah image. Contoh link adalah sebagai berikut:
An Examples — Link ini mengarah ke http://www.anexamples.com
Jadi seperti yang anda lihat, link adalah koneksi sederhana yang dibuat ke website lain diluar dari website anda. Terus apa hubungannya dengan link nofollow?
Jika anda lihat link normal akan tertulis dengan kode html sebagai berikut:
<a href=”http://www.anexamples.com” >An Examples</a>

Jika anda tulis dengan tambahan atribut link "nofollow" maka anda harus menyisipkan kode rel=”nofollow” di dalamnya, akan tampak sebagai berikut:
<a href=”http://www.anexamples.com” rel=”nofollow”>An Examples</a>

Dengan adanya sisipan rel=”nofollow” maka beberapa search engine tidak akan mengikuti link tujuan, yang berarti keuntungan SEO yang berupa pagerank, tidak akan dialihkan ke link tujuan tersebut.
Walaupun demikian beberapa search engine berbeda dalam menerjemahkan atribut link "nofollow" tersebut:
1. Google, sama sekali tidak akan mengikuti link dengan atribut "nofollow".
2. Yahoo!, akan tetap mengikuti, tetapi akan menghilangkan dari kalkulasi pagerank.
3. Ask.com, sama sekali tidak akan mengikuti link dengan atribut "nofollow".
Contoh pada Blogger seperti pada gambar berikut

Pengertian nofollow Dan dofollow Juga Fungsinya

Fungsi Link "nofollow"

Efek langsung dari pemasangan atribut "nofollow" ini adalah tiada pengalihan pagerank dari website pemasang ke website tujuan, jadi pagerank website pemasang link tidak terkurangi untuk dialihkan ke link tujuan. Inilah yang sering memicu perselisihan ketika terjadi tukar menukar link, yang salah satunya yaitu memasang link dengan atribut "nofollow".

Google merilis panduan untuk atribut link "nofollow", anda disarankan untuk memasang atribut "nofollow" ini untuk alasan seperti berikut ini:
1. Untrusted Content, dimana link tujuan tidak bisa dipercaya muatan web-nya dan bisa beresiko berisi spam. Misalnya masukan komentar dan guestbook yang tidak dapat dipercaya, sehingga akan meminimalisasi masuknya spammer menuju ke website anda
2. Link Berbayar, jika anda memasang link yang berbayar akan mempunyai kesan negatif kepada pengunjung website anda, maka anda dianjurkan untuk memasang atribut "nofollow" ini. Apa itu link berbayar? Page link adalah link berbayar, yang diselenggarakan oleh jasa penjual dan pembeli link. Google sendiri tentu sangat tidak menyukai cara menaikkan peringkat dengan memasang link berbayar seperti itu.
3. Prioritas Crawling, robot search engine tidak bisa melakukan login ke forum anda, jadi tidak perlu mengundang robot search engine untuk mengikuti link “Daftar Disini” atau “Login” karena akan sia-sia.

Fungsi Link "dofollow"

Atribut link "dofollow" adalah merupakan sebuah perintah kepada search engine untuk mengikuti link tujuan yang anda pasang di halaman website. Dengan pemasangan link "dofollow" ini maka link tujuan akan mendapat manfaat naiknya pagerank yang dialihkan dari website pemasang link. Contohnya, apabila website A memasang backlink ke website B, maka website B akan mengambil manfaat dari website A berupa naiknya pagerank SEO. Cara ini dinilai bagus untuk menaikkan pagerank website rendah, dengan memasang backlink di website yang pagerank tinggi. Identik dengan atribut "nofollow", pemasangan atribut "dofollow" ini adalah dengan menyisipkan rel=”dofollow” ke dalam kode link HTML anda, contoh:
<a href=”www.anexamples.com” rel=”dofollow”>An Examples</a>

Kesimpulannya adalah, link yang mengandung atribut ”nofollow” adalah lawan atau kebalikan link yang mengandung atribut ”dofollow”.
Dari banyaknya penjelasan diatas, saya yakin anda sudah memahaminya.
Alhamdulillaah, saya rasa cukup ini saja yang dapat saya sampaikan kepada anda dalam artikel kali ini.
Note
Jika ada pertanyaan, silahkan anda bertanya kepada Admin melalui komentar!
Terima Kasih.
Share
Silakan anda bagikan artikel ini kepada teman-teman anda di media sosial, agar mereka juga dapat mengambil manfaat dari artikel ini!
Alhamdulillaah
Insyaa Allaah, semoga artikel saya dapat membantu sahabat semua!
Wallaahu'alam
Wassalaamu'alaikum Wr Wb!
Previous
Next Post »

ConversionConversion EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng

Note: Only a member of this blog may post a comment.